Saturday, January 12, 2013

Pemanfaatan Serbuk Kayu Halus Sebagai Bahan Tambah
dalam Pembuatan Genteng Beton

Elgusti Haydanu*, Akhmad Riva’i Ardiantoro*, Priyo Purnomo*, Muhammad
Fauzan Nasrulloh*
* Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Yogyakarta
Ketua:Elgusti Haydanu (08994181256)

ABSTRAK
       Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu inovasi keteknik sipilan dalam hal bahan bangunan yaitu Genteng beton dengan bahan tambah serbuk kayu yang memiliki kekuatan tinggi,ringan dan faktor aman yang mencukupi.
       Dalam konstruksi, Beton adalah sebuah bahan bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi aggregat dan pengikat semen. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen Portland, yang terdiri dari agregat mineral (biasanya kerikil dan pasir), semen dan air. Genteng beton merupakan genteng yang dibuat dari bahan baku seperti pasir beton, semen, fly ash dan cat/warna untuk pelapis permukaan genteng. Genteng ini sangat pas untuk rumah bergaya modern minimalis, tidak mudah pecah dan mampu memantulkan panas dengan baik. Genteng beton salah satu type genteng yang daya tekan dan kerapatannya besar. Dari beberapa keunggulan genteng beton diatas, ada salah satu kelemahan dari genteng ini yaitu
berat.
       Solusi dari permasalahan ini yaitu melakukan penelitian untuk bagaimana caranya agar genteng beton yang berat tersebut dapat dibuat ringan dan tidak mengurangi kekuatan genteng dengan menambahkan serbuk kayu halus sebagai bahan tambah pembuatan genteng beton. Seperti yang kita ketahui, serbuk kayu yang tidak terpakai bahkan yang sudah dibuang itu pasti akan dibakar atau dibuang begitu saja, namun dalam penelitian ini kami memanfaatkan serbuk kayu halus tersebut sebagai bahan tambah pembuatan beton agar lebih ringan dan aman.
 
Kata kunci : Genteng Beton, Serbuk kayu, Bahan tambah

ABSTRACT
         Student Creativity field research Program aims to create an innovation into civillian technique in terms of building materials are concrete tiles with sawdust added materials have high strength, light weight and secure a sufficient factor.
          In construction, concrete is a composite building material made from the combination of aggregate and cement binder. The most common form of concrete is Portland cement concrete, which consists of mineral aggregate (generally gravel and sand), cement and water. Concrete roof tile is made from raw materials such as concrete sand, cement, fly ash and paint / coating colors for tile surfaces. This tile is very fitting for a modern minimalist style house, not easily broken, and able to reflect heat well. Concrete tile one tile type power press and a large density. From some of the benefits of concrete tile above, there is one drawback
of this tile is heavy.
         The solution of this problem is to do research on how to keep the weight of the concrete tile can be made lighter and does not reduce the strength of the tile by adding fine wood dust as an ingredient added concrete tile manufacturing. As we know, the unused sawdust had even thrown it must be burned or thrown away, but in this study we make use of fine wood dust is added as an ingredient of concrete that is lighter and safer.
Keywords: Concrete Tile, wood powder, material plus

No comments:

Post a Comment