Thursday, January 10, 2013

Simposium Nasional




Simposium Nasional
FANTASTIK CIVIL EXPO 2013
“ Upaya Menuntaskan Masalah Kemacetan di Surabaya ”

 I      Latar Belakang
         Dewasa ini Surabaya telah menjelma menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia. Perkembangan di berbagai sektor seperti bidang sosial ekonomi,  perhubungan, dan pariwisata terus terjadi seiring waktu berjalan. Namun sayangnya perkembangan tadi tidak diimbangi dengan proses perencanaan dan pengembangan kota yang berkelanjutan. Tidak jarang hal tersebut memunculkan permasalahan-permasalahan yang tentu saja mempengaruhi perkembangan kota Surabaya di segala bidang.
    Transportasi merupakan salah satu bidang essensial yang ada di kota Surabaya, karena sector ekonomi dan pembangunan yang ada sangat bergantung kepada bidang transportasi. Surabaya sebagai kota yang padat penduduk tidak lepas daripada masalah transportasi. Salah satu kendala transportasi yang seringkali terjadi adalah masalah kemacetan lalu lintas. Kemacetan dari hari ke hari selalu terjadi di titik-titik jalan yang sangat vital. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya jumlah penduduk Kota Surabaya yang berakibat juga kepada jumlah kendaraan yang semakin banyak pula. Sayangnya, pertumbuhan kendaraan ini tidak diimbangi dengan pertumbuhan pengadaan jalan sehingga alhasil terjadi kepadatan lalu lintas di beberapa titik vital  sehingga  dapat menghambat proses kelancaran suatu kegiatan di berbagai bidang.
      Oleh karena itu, kami dari Himpunan Mahasiswa Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember akan mengadakan acara bernama “SIMPOSIUN NASIONAL 2013” yang didalamnya membahas mengenai permasalahan kemacetan di Surabaya. Dengan adanya acara ini diharapkan tercipta solusi yang yang bisa mengatasi masalah kemacetan yang terjadi di Surabaya.
II    Tujuan Kegiatan
           
  1. Menghasilkan gagasan dari permasalahan transportasi di Surabaya yang dapat menjadi acuan untuk diimplementasikan
  2. Menambah wawasan berupa ilmu tentang transportasi di Surabaya kepada masyarakat, mahasiswa maupun praktisi di bidang transportasi
  3. Menyadarkan dan membuka mata masyarakat mengenai permasalahan transportasi di Surabaya dan masyarakat sebagai pengguna mengerti akan pentingnya solusi ini dan dapat mengimplementasikannya.


III   Tema Kegiatan
Tema yang kami ambil dalam simposium nasional kali ini adalah :
“ Upaya Menuntaskan Masalah Kemacetan di Surabaya ”
dengan topik
Transportasi Massal, Lalu Lintas, Kebijakan dan Regulasi Pemerintah, Sarana dan Infrastruktur Pendukung, dan Kesiapan Masyarakat

IV   Peserta Kegiatan             
Peserta Diskusi Simposium terdiri dari :
  • § Narasumber yaitu perwakilan dari lembaga yang terkait, dosen Teknik Sipil ITS bidang transportasi dan masyarakat.
  • § Pemateri yaitu perwakilan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

V         Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  Simposium diselenggarakan  pada bulan April 2013 dalam 1 hari, dengan rincian sebagai berikut :
No
Tanggal
Agenda
Tempat
1
21 Januari – 15 Maret 2013
Pendaftaran Pemateri
Sekretariat HMS
2
25 Maret – 19 April 2013
Pendaftaran Peserta
Sekretariat HMS
3
18 Maret – 29 Maret 2013
Pengumuman  Makalah
Sekretariat HMS
4
1-5 april 2013
Penyeleksian Makalah
Jurusan Teknik Sipil ITS
5
8 April 2013
Pengumuman Peserta Lolos
Sekretariat HMS dan WEB
6
20 April 2013
Simposium
Venue Simposium Nasional

CONTACT PERSON : Machdum – 0838 4970 1710

No comments:

Post a Comment